Cara Dan Etika Chatting

Chatting adalah berkomunikasi dengan orang lain. Chatting juga mempunyai etika yang harus kita jaga. Beberapa etika chatting yang perlu kita perhatikan adalah sbb:
  1. Gunakanlah bahasa yang sopan.
  2. Jangan menggunakan huruf besar.
  3. Jangan melakukan spam atau mengirim informasi/iklan yang tidak penting secara beruntun kepada orang lain.
  4. Jangan menggunakan warna yang mencolok.
  5. Jika orang lain mengajak kita berbicara tentang topik yang kita tidak suka, tolaklah dengan halus.
  6. Hindari pertengkaran atau perdebatan yang sengit.
  7. Jika kita mendapatkan kata-kata kasar atau tidak senonoh, sebaiknya kita tidak usah melayaninya lagi dengan kata-kata yang sama.
Manfaat dan Dampak Chatting
Ada beberapa manfaat chatting yang dapat kita peroleh, antara lain:
  1. 1.      Sarana mudah dan murah
Kita dapat memanfaatkan chatting, jika kita ingin berbicara dengan teman, saudara atau orang tua yang tinggal di luar negeri atau daerah lain.
  1. 2.      Konsultasi dengan dokter
Beberapa website menyediakan jasa konsultasi kesehatan dengan dokter.
  1. 3.      Berhubungan dengan para pakar
Beberapa website menyediakan jasa konsultasi dengan pakar. Kita dapat berkomunikasi melalui chatting dengan pakar yang kita cari.
  1. 4.      Mengetahui isi buku
Melalui www.libraryplanet.com kita dapat chatting tentang isi buku.
  1. 5.      Mendapatkan teman baru
Kita dapat menemukan teman baru dari seluruh dunia melalui chatting, sehingga dapat memberikan informasi yang berbeda kepada kita.
  1. 6.      Sarana belajar dan diskusi
Website belajar jarak jauh umumnya menyediakan fasilitas chatting umtuk belajar dan berdiskusi dengan dosen maupun sesama teman sekelas.
Chatting juga dapat menimbulkan dampak buruk atau negatif, diantaranya:
  1. 1.      Mengobrol yang tidak senonoh
Orang yang sedang chatting seringkali terjerumus ke pembicaraan porno dan tidak senonoh. Sebaiknya kita berhati-hati jika lawan bicara sudah memancing pembicaraan ke arah topik itu. Dan lebih baik tidak ditanggapi atau pembicaraan dihentikan saja.
  1. 2.      Terkena virus
Untuk mencegah agar komputer kita tidak terserang virus, kita harus berhati-hati menerima kiriman file dari orang lain atau teman chatting kita.
  1. 3.      Rematik dan otot pegal
Duduk di depan komputer terlalu lama dapat menyebabkan penyakit rematik di jari-jari tangan dan pegal-pegal pada otot punggung.
  1. 4.      Maniak chatting
Chatting merupakan sesuatu yang menyenangkan apalagi bila kita bertemu dengan orang yang tepat. Namun, kita harus tetap jaga jangan sampai kita menjadi orang yang maniak chatting sampai-sampai kita lupa makan, mandi, gosok gigi dan tidur.
  1. 5.      Berpacaran dengan orang yang tidak jelas
Chatting memang sarana yang baik untuk berkomunikasi dan mencari teman. Namun, kita harus menyadari bahwa internet adalah dunia maya. Kadang-kadang tidak semua orang yang kita temui adalah orang yang jujur. Berhati-hatilah membina hubungan agar tidak menjadi korban hubungan tidak jelas atau korban penipuan.
  1. 6.      Menghabiskan banyak uang
Koneksi ke internet membutuhkan biaya yang mahal. Chatting terlalu lama tentu saja juga membutuhkan dana. Jangan sampai gara-gara chatting kita kesulitan keuangan.
Manfaatkanlah chatting secara bijaksana!!!!!
Sumber :https://irhanades.wordpress.com/2013/01/07/etika-chatting/

Cara Chatting di Yahoo Messenger – Tentang YM
Yahoo Messenger lebih banyak dipilih masyarakat selain karena Yahoo adalah salah satu penyedia layanan email berbasis web terbaik dan terkenal, juga karena pengoperasian YM yang tergolong relatif mudah digunakan dan dipelajari bahkan oleh seorang pemula sekalipun. Fitur yang dimiliki YM pun terhitung lengkap.

Meskipun nampak mudah dan tidak rumit, tapi beberapa diantara kita mungkin ada yang belum tahu atau mengalami kesulitan dalam melakukan chatting menggunakan Yahoo Messenger. Atau bagi anda yang sekadar sedang mengingat-ingat kembali cara memulainya, simak terus artikel ini ya. Kami pun sekarang tengah tersenyum-senyum sendiri ketika mengingat awal-awal menggunakan Yahoo Messenger. Teringat karena tidak mengerti dan tidak tahu bahwa Yahoo ID yang digunakan sebagai syarat login adalah alamat email yahoo kita, kami sampai membuat email baru. Setelah tahu, ternyata yang perlu editor lakukan adalah apa yang dibahas di artikel ini. Sungguh benar-benar lucu mengingat kejadian itu. Ups, jadi curhat, hehe.
Yahoo Messenger Main Screen
Baiklah, tidak perlu berpanjang lebar lagi, yuk kita simak cara chatting dengan menggunakan Yahoo Messenger.
  1. Download file YM client di situs messenger.yahoo.com
  2. Install file YM client yang anda download tadi. Pastikan anda selalu online selama proses instalasi ini karena instalasi file ini mengharuskan anda terhubung ke internet.
  3. Setelah terinstall, masukkan Yahoo ID anda. Yahoo ID ini adalah username alias alamat email anda. Misal jika anda memiliki email username@yahoo.com, Anda dapat memasukkan hanya username saja ataupun username@yahoo.com. Client ini mendukung semua Yahoo ID termasuk yang berakhiran @ymail.com, @yahoo.co.id, @yahoo.co.uk, @rocketmail.com, dan lain sebagainya.
  4. Masukkan password email anda di kolom password
  5. Tekan tombol Sign In atau Masuk. Pastikan koneksi internet anda baik untuk dapat login ke Yahoo Messenger.
  6. Setelah anda masuk ke Yahoo Messenger dan aktif, akan muncul daftar teman yang ada di YM anda. Biasanya anda harus mengkonfirmasi atau dikonfirmasi untuk dapat menambah daftar teman di YM.
  7. Untuk mengirimkan pesan ke teman di daftar messenger ataupun yang belum masuk daftar, klik menu Action lalu pilih Send an instant message atau dengan shortcut CTRL+M. Akan muncul jendela yang menampilkan daftar teman anda. Terdapat dua tab yakni tab daftar teman dan daftar “other contact”. Jika anda akan menambahkan ke daftar teman, anda tinggal cari ID atau nama teman anda di daftar teman. Sedangkan jika anda akan mengirim pesan pada teman yang belum ditambahkan pada daftar teman, pilih Other Contact lalu masukkan Yahoo ID teman anda tersebut lalu klik tombol OK.
  8. Setelah itu akan muncul jendela percakapan. Ketikkan pesan anda di jendela tersebut. Untuk mengirim pesan yang anda ketikkan, tekan tombol Send atau dengan menekan enter pada keyboard.
  9. Untuk menambahkan daftar teman, klik tanda + yang ada pada toolbar Yahoo Messenger. Anda dapat mengetikkan Yahoo ID yang akan anda tambahkan atau memilih dari daftar kontak email yahoo anda.
  10. Untuk menampilkan hanya teman yang tengah online, tekan shortcut CTRL+H. Untuk mengembalikan daftar teman menampilkan semua teman baik yang online ataupun offline, tekan kembali CTRL+H.
  11. Jika anda masih belum memiliki banyak teman untuk diajak chat, anda dapat mencoba masuk ke chat room. Klik menu Messenger, pilih Yahoo Chat, pilih Join Room. Klik tanda + pada kategori Regional dan pilih Indonesia untuk memilih dan menemukan teman dari Indonesia atau dengan menggunakan bahasa Indonesia. Pilih salah satu daerah, setiap daerah memiliki beberapa chat room. Pilih salah satu dari chat room tersebut.
  12. Di setiap chat room terdapat tanda [XX][wX] dimana XX menunjukkan jumlah orang dalam chat room dan wX menandakan jumlah orang dalam chat room yang menggunakan webcam. Setiap room memiliki kapasitas maksimal 50 orang.
  13. Setelah mengklik room yang anda akan join, akan muncul message box berisi pesan “connecting to Yahoo Chat”, tekan tombol Enter Chat. anda akan diminta memasukkan captcha image sebagai verifikasi. Jika anda ingin berkomunikasi secara personal dengan salah satu anggota chat di chat room, klik pada salah satu anggota yang akan anda ajak chat di sebelah kanan lalu klik “send an instant message”. Akan muncul jendela pesan seperti anda chat biasanya.
Contoh Offline Message di Yahoo Messenger
Yahoo Messenger Offline Message
Contoh Suasana Chatting di Yahoo Messenger
Yahoo Messenger Chat Scene

Cara Chatting di Yahoo Messenger – Tips Aman

Tips aman pada setiap tempat adalah pastikan anda menghilangkan tanda centang pada bagian “Remember ID and Password” atau yang serupa lainnya, juga pada bagian “Sign in automatically” jika anda menggunakan Yahoo Messenger di tempat umum seperti warnet, kantor, dan lain sebagainya. “Remember ID and Password” berfungsi untuk membuat anda tidak perlu memasukkan password lagi di kemudian hari saat akan login keYM dan “Sign in automatically” memiliki fungsi untuk membuat anda tidak perlu menekan tombol login. Jadi ketika komputer anda terhubung ke internet, dengan fungsi “Sign in automatically” Yahoo Messenger anda akan langsung login secara otomatis tanpa anda memasukkan Yahoo ID dan password anda lagi plus tidak perlu lagi menekan tombol sign in. YM anda akan langsung aktif dan sign in dengan sendirinya begitu koneksi internet aktif dan komputer anda terhubung ke dalamnya.
Sumber :https://irhanades.wordpress.com/2013/01/07/etika-chatting/

Komentar

Postingan Populer